Bersama Paguyuban RT dan RW, Kades Sukamanah Alek Helmi Rutin Lakukan Jumsih

banner 728x90

Gemasiber80news.com, LEBAK – Kepala Desa (Kades) Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, menggelar Jum’at Bersih (Jumsih) bersama Paguyuban Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se-Desa Sukamanah, Jum’at (17/5/2024).

Kegiatan rutinitas Jum’at Bersih ini dilaksanakan secara bergiliran dari mulai lokasi RT 01 sampai RT 14 di Desa Sukamanah.

Untuk Jum’at bersih kali ini dilaksanakan di jalan lingkungan Blok Pamarayan menuju Blok Buana, Desa Sukamanah dengan membersihkan rumput yang tumbuh di sepanjang jalan tersebut.

Kepala Desa Sukamanah, Alek Helmi, di lokasi Jum’at Bersih mengatakan kegiatan ini rutin dilaksanakan dengan tujuan mempererat tali silaturahmi, menciptakan lingkungan bersih dan masyarakat sehat.

“Ini adalah bentuk kekompakan bersama para RT dan RW untuk mempererat tali silaturahmi, mendekatkan diri dengan masyarakat juga menciptakan lingkungan yang bersih dan masyarakat sehat,” ujarnya.

Alek juga mengatakan Jum’at Bersih ini dibutuhkan kekompakan dan kesadaran pada diri individu masyarakat.

“Perlu adanya kekompakan, masyarakat juga harus punya kesadaran terhadap lingkungan yang bersih. Karena kebersihan di lingkungan kita ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ucapnya.

Terakhir, Alek mengajak kepada semua masyarakat Desa Sukamanah agar melaksanakan gotong-royong Jumat Bersih.

“Mari kita bersama-sama melaksanakan gotong royong dengan nama Jum’at Bersih atau Jumsih ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ependi Setiana, Petugas Linmas yang tinggal di RT 01 RW 01, Kampung Simpang, Desa Sukamanah, yang juga ikut melakukan Jum’at Bersih, menuturkan bahwa ia semangat melaksanakan kegiatan Jum’at Bersih ini yang diinisiasi Kepala Desa.

“Saya bersama Paguyuban RT dan RW yang terdiri 14 RT dan 3 RW semangat melaksanakan kegiatan Jum’at Bersih ini, yang mana kegiatan ini atas perintah Kepala Desa Sukamanah yaitu Bapak Alek Helmi,” katanya.

Selain itu, Efendi juga mengatakan kegiatan Jumat Bersih akan terus disosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat faham akan pentingnya silaturahmi dan kebersihan lingkungan.

“Saya akan terus mengajak masyarakat untuk melaksanakan gotong royong yang dinamai Jum’at Bersih atau Jumsih ini. Karena dalam Jum’at Bersih ini juga akan terciptanya jalinan silaturahmi sehingga mempererat persaudaraan khususnya di Desa Sukamanah,” ungkapnya.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *