PT. Cemindo Gemilang Tbk Adakan Seminar Pencegahan Stunting sebagai Bagian dari Program CSR Kesehatan

banner 728x90

 

 

 

Gemasiber80news.com,BAYAH – PT. Cemindo Gemilang Tbk, sebagai salah satu produsen semen terkemuka di Indonesia, terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satu inisiatif terbaru mereka adalah penyelenggaraan “Seminar Pencegahan Stunting, yang berjudul Peran PKK dan Kader Posyandu se-Kecamatan Bayah dalam Percepatan Pencegahan Stunting, dengan Pemanfaatan Bahan Pangan Lokal Bergizi Tinggi” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pencegahan stunting pada anak dapat memanfaatkan Bahan Pangan Lokal yang mudah dan murah Rabu (17/7/2024)

Acara ini diadakan pada tanggal 17 Juli 2024 di Aula The Swarna Hotel Ciwaru, Bayah, Kab. Lebak dengan menghadirkan berbagai narasumber dari bidang gizi. Seminar ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari para anggota PKK Kecamatan Bayah, PKK 11 Desa Kecamatan Bayah, Forum Posyandu Kecamatan Bayah, Forum Posyandu 11 Desa Kecamatan Bayah, Bidan Desa se kecamatan Bayah serta Penanggung jawab program gizi dan Kordinator Tim Pendamping Keluarga Kecamatan Bayah. Selain bersinergi dengan PKK dan Forum Posyandu Kecamatan Bayah dalam pelaksanaan kegiatan ini PT. Cemindo Gemilang Tbk Bayah juga dibantu oleh Mahasiswa KKNT IPB yang sedang bertugas di wilayah Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah.

Dalam sambutannya, Kepala Public Affair PT. Cemindo Gemilang Tbk, Bapak Adul Kusmono, menegaskan pentingnya peran semua pihak dalam upaya pencegahan stunting. “Stunting merupakan masalah kesehatan yang serius dan dapat mempengaruhi masa depan generasi muda kita. Melalui seminar ini, kami berharap dapat memberikan edukasi yang tepat kepada masyarakat agar dapat mengambil langkah-langkah pencegahan sejak dini. Kemudian semoga ke depannya para peserta akan menjadi agen perubahan dalam Percepatan Pencegahan Stunting di lingkungan terdekat agar wilayah Kecamatan Bayah bebas stunting ” ujarnya.
Sementara Camat Bayah Dadan Juanda dalam sambutannya mengucapkan “Terimakasih banyak kepada perusahaan PT Cemindo Gemilang Tbk yg telah menyelenggarakan Seminar untuk Ibu ibu PKK dan Forum Posyandu sekecamatan Bayah, dengan diselenggarakan kegiatan Seminar ini sangat membantu sekali terhadap program program pemerintah salah satunya program pencegahan Stunting di wilayah kecamatan Bayah”.

Seminar ini menampilkan presentasi dan sesi diskusi yang diberikan oleh Anisa Dinda S. Amd. Gz. , seorang ahli gizi dari IPB yang juga bekerja sebagai Ahli Gizi di Catering dalam PT. Cemindo Gemilang Tbk Bayah, menjelaskan tentang penyebab dan dampak stunting serta langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh keluarga melalui pemanfaatan Bahan Pangan Lokal Bergizi yang dapat ditemui dengan mudah sehari-hari. Selain itu, dalam acara ini juga memberikan materi tentang praktik memasak makanan dengan gizi seimbang bagi anak-anak yang memanfaatkan bahan pangan lokal seperti Daun Kelor dan Jagung Manis. Para peserta juga mendapatkan Buku Resep Makanan bergizi berbahan dasar Pangan Lokal serta contoh rencana menu makan harian anak yang dapat digunakan juga untuk sekeluarga.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga menyediakan hadiah berupa alat masak kepada para peserta seminar sebagai bentuk dukungan nyata dalam upaya pencegahan stunting. Hadiah tersebut diberikan kepada peserta yang aktif dalam mengikuti seminar dan praktik memasak tersebut serta dalam tanya jawab.

Program CSR ini merupakan bagian dari komitmen PT. Cemindo Gemilang Tbk dalam mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Indonesia. “Kami percaya bahwa dengan kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat, kita dapat menciptakan generasi yang lebih sehat dan kuat,” tambah Bapak Adul.

Seminar Pencegahan Stunting ini mendapat apresiasi yang tinggi dari para peserta. Ibu Aditya Suhartika alah satu peserta seminar yang Juga merupakan Penanggung Jawab Program Gizi Puskesmas Kecamatan Bayah, mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Saya sangat bersyukur bisa mengikuti seminar ini. Informasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi saya dan semua anggota. Semoga ke depannya kegiatan seperti ini dapat berkolaborasi dengan program penanganan stunting bersama Puskesmas Kecamatan Bayah”.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, PT. Cemindo Gemilang Tbk berharap dapat terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan menjadi bagian dari solusi dalam mengatasi masalah kesehatan di Indonesia.    *(Deni/Alek)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *