Tiada hujan Tiada Badai Kali Cimadur Keruh, Warga Kp Suwakan Geram

banner 728x90

 

 

Gemasiber80news.com,LEBAK – Warga Kp Suwakan Desa Suwakan Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten mengeluhkan dan geram karena kali Cimadur yang mengalami keruh kuning, di duga dari buangan limbah pengolahan lumpur emas di wilayah Kecamatan Cibeber, Selasa (3/9/2024)

 

Seperti di sampaikan Yabu, salah satu warga Kampung Suwakan yang tiap hari menggunakan air kali Cimadur untuk kebutuhan 3 M, tuturnya kepada awak media ini.

 

Baginya dan warga lainnya, kali Cimadur adalah sumber air bersih untuk kebutuhan 3 M tiap hari, apalagi saat musim kemarau ini. Namun kini, air kali Cimadur mengalami kekeruhan, di duga dari pengolahan lumpur emas, yang tentunya mengandung zat kimia yang sangat berbahaya, ujar Yabu.

 

Yabu, sangat berharap kepada pemerintah Kabupaten Lebak dan Dinas Instansi terkait/APH, untuk melakukan sidak dan apabila ada pelanggaran segera lakukan penindakan bagi pengusaha lumpur emas yang diduga kuat membuang limbah ke kali Cimadur, harapnya.

 

Hal senada di sampaikan pula oleh Pahrudin, salah seorang tokoh masyarakat juga sebagai ketua RT 1, berharap kepada Pol PP dan dinas Lingkungan Hidup, untuk melakukan penutupan tempat pengolahan lumpur emas yang membuang limbahnya ke kali Cimadur, sebab ini akan berdampak kepada warga kampung Suwakan yang tiap hari menggunakan air kali Cimadur untuk kebutuhan 3 M, pungkasnya.

 

Informasi yang dihimpun tim awak media bahwa warga meminta kepada APH/Instansi yang berwenang untuk segera melakukan Sidak, dan apabila ada pelanggaran tindak sesuai dengan hukum/UU yang berlaku, karena tiada hujan tiada badai kok kali Cimadur keruh.      *(Deni/Irwan)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *