Kemarau Panjang, Warga Desa Karangkamulyan Lebak Berharap Bantuan Air Bersih

banner 728x90

Gemasiber80news.com, LEBAK – Krisis air bersih di wilayah Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan berharap bantuan.

Seperti yang dirasakan Ramin, warga Kampung Cidahu Desa Karangkamulyan, rela mendapatkan air bersih dengan mencari sumber mata air dan sungai dengan jarak lumayan jauh dari rumahnya.

“Saat ini saya dan warga sekitar kesulitan mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena sumber air yang biasa digunakan tidak cukup, dan terpaksa kami mencari ke tempat lain seperti ke sungai dengan menggunakan jerigen,” ujarnya, Sabtu (26/10/2024).

Ramin menyebutkan kebutuhan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dalam keluarganya.

“Untuk kebutuhan mandi, mencuci, kami mengambil air dari sungai Cihara memakai jerigen dan galon, dan ada juga yang mencuci dan mandi di tepian sungai, untuk kebutuhan air minum warga biasanya membeli air isi ulang,” tuturnya.

Amet, warga Kampung Cibobos, Desa Karangkamulyan, merasakan hal yang sama yaitu krisis air bersih.

“Saya ngambil air dari sungai Cihara, memakai galon dan jerigen diangkut pake motor, soalnya sumur saya airnya sudah tidak cukup untuk digunakan sehari-hari,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Suherna Wijaya, selaku sekretaris Desa Karangkamulyan, saat membenarkan keluhan warganya akan kebutuhan air bersih.

“Betul, kondisi warga saat ini lagi krisis air bersih, karena musim hujan belum tiba, warga disini rela antri di sumber mata air yang masih mengalir yang jaraknya lumayan jauh dari pemukiman warga, dan ada juga yang mengambil air ke sungai memakai jerigen dan galon,” terangnya.

Suherna berharap kepada pemerintah terkait dalam hal ini untuk bisa memberikan bantuan air bersih kepada warganya.

“Saya mewakili masyarakat, sangat berharap sekali ada bantuan air bersih dari pemerintah, yang bisa meringankan beban warga disaat musim penghujan belum tiba, dan Insya Allah ini akan jadi PR saya selaku Pemerintahan Desa Karangkamulyan, akan mengusulkan pembuatan sarana air bersih di tiap lingkungan kepada pemerintahan daerah,” ungkapnya.   *(Uzex)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *