Temui Pj Bupati Lebak Gunawan Rusminto, Pemuda dan Petani Cilangkahan Sampaikan Aspirasi

banner 728x90

Gemasiber80news.com, LEBAK – Sejumlah Pemuda yang tergabung dalam Serikat Pemuda dan Petani Cilangkahan (SAPPECI) akhirnya bertemu dengan Pj Bupati Lebak, Gunawan Rusminto, di Kantor Bupati Lebak, pada Selasa (8/10/2024).

Dalam pertemuannya mereka menyampaikan aspirasi para petani Daerah Irigasi (DI) Cilangkahan 2 yang meliputi tiga Desa yaitu; Desa Sukaraja, Sukamanah dan Cilangkahan Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

Koordinator Serikat Pemuda dan Petani Cilangkahan (SAPPECI), M Febi Pirmansyah, memaparkan dengan jelas apa yang menjadi kebutuhan para petani di bagian Selatan Kabupaten Lebak.

Kata Febi, para petani berharap adanya perehaban Daerah Irigasi (DI) Cilangkahan 2 yang tidak berfungsi lagi, sebab lama tidak adanya perehaban dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak.

“Alhamdulillah, kita sudah bertemu dengan Pj Bupati Lebak. Dalam audiensi dengan pak Pj Bupati yaitu Pak Gunawan, kita menyampaikan mengenai kebutuhan para petani di Kecamatan Malingping, petani Daerah Irigasi (DI) Cilangkahan 2 yang meliputi Desa Sukaraja, Sukamanah dan Cilangkahan Kecamatan Malingping,” ujarnya.

Menurut Febi, para petani di Kecamatan Malingping pengguna DI Cilangkahan 2 mengharapkan dibangunnya saluran irigasi tersebut, sebab menghambat proses tanam padi karena para petani kesulitan dalam mengairi sawahnya.

“Dari awal pembangunan pada tahun 1982 hingga selesai 1984 itu sampai saat ini belum ada perehaban yang maksimal. Setahu kami hanya ada perehaban per spot saja, seperti pada tahun 2011 direhab menggunakan dana dari PISP dana dari Korea, pada 2018 hanya sebesar 450 juta selanjutnya 2021 sebesar 1,5 Miliar,” ucapnya.

Febi menyebutkan, perehaban DI Cilangkahan 2 hanya dilakukan pada spot yang sama yaitu di spot Desa Sukaraja. Sementara dari hasil tinjauan kami di lapangan kurang lebih ada 9,700 meter dari panjang keseluruhan yaitu 11,700 meter, wilayah saluran yang sudah tidak berfungsi, sebab bangunan sudah ambruk yang belum sama sekali mengalami perehaban.

Mendengar keterangan dari para pemuda tersebut, Pj Bupati Lebak Gunawan Rusminto langsung memanggil Dinas PUPR yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas itu sendiri beserta Dinas Pertanian.

Dirinya mengatakan bahwa baru mengetahui adanya wilayah irigasi yang kondisinya separah itu. Ia mengatakan akan berupaya agar aspirasi para petani segera di realisasikan.

“Saya baru tahu, bahwa di Kecamatan Malingping masih ada Daerah Irigasi yang seperti itu. Saya akan segera usulkan dan semoga aspirasi ini segera direalisasikan. Ini akan menjadi prioritas saya,” ungkapnya.

Disamping itu, Pj Bupati Lebak meminta do’a dan dukungan dari semua pihak, akan terus berusaha mengawal aspirasi dari masyarakat khususnya Petani Cilangkahan dan pembangunan irigasi DI Cilangkahan 2 dapat terealisasi di tahun 2025.

“Saya minta doanya aja, semoga hal tersebut akan berbuah manis di tahun 2025 atau cara lainnya, mudah-mudahan kita bisa sama-sama perjuangkan di Tahun Anggaran 2025, mohon doanya semua,” tuturnya.   *(Uzex)

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *