Hujan Deras Berakibat Banjir dan Longsor di Wilayah Lebak Selatan

banner 728x90

Gemasiber80news.com, LEBAK – Hujan deras sejak siang hingga malam di kawasan Lebak selatan (Baksel) disusul gempa bumi yang mengakibatkan banjir terjadi di beberapa titik wilayah Kecamatan Bayah dan banjir longsor di beberapa kawasan Cibeber pada Minggu petang (09/10) kemarin.

Informasi yang didapat wartawan, akses jembatan gantung eks Antam penghubung Desa Gombong dan Cisuren Kecamatan Bayah yang berbatasan dengan Kecamatan Cibeber tidak bisa dilintasi karena nyaris putus oleh derasnya air sungai. Banjir pun dilaporkan melanda kawasan pemukiman pinggir sungai Cimadur, seperti di Desa Gombong, Suwakan, Cisuren, Sukajaya dan Mancak.

Sedang di Kecamatan Cibeber, longsor terjadi di jalur Desa Warungbanten Kecamatan Cibeber tepatnya di Blok Pasir Su’ung yang menyebabkan akses lalulintas di jalur provinsi itu terhambat oleh sedimen tanah, sehingga puluhan kendaraan warga pengendara hingga Minggu malam terpaksa tertahan di jalur itu. Begitu juga sawah dan puluhan rumah pemukiman warga di Tegalumbu Desa Wanasari dilaporkan terendam banjir.

“Banjir dan longsor itu terjadi setelah terasa ada gempa yang lumayan besar tadi sore. Itu jembatan Gombong nyaris putus oleh deras sungai. Itu penghubung Kampung Sawah dan Gombong. Pesawahan dan pemukiman di Tegalumbu saat ini terendam banjir, saat ini saya masih di lokasi. Untuk korban Alhamdulilah belum ada info,” ungkap Wihanda Sasmita, warga Cibeber kepada wartawan Minggu malam.

Ditambahkan Wihanda, selain banjir juga ada longsor di sekitar Warung Banten, “Itu jalur penghubung dari Cikotok ke Pasirkuray itu tertahan longsor di blok Pasir Suung. Tadi juga puluhan kendaraan masih tertahan tak bisa lewat, dan mungkin malam ini akan dibersihkan manual,” ujarnya.

Sementara terkait informasi gempa di koordinat Bayah, menurut data BMKG Wilayah 2 menyebut, gempa itu berkekuatan 5,5 Magnitudo di kedalaman 12 KM bawah laut Bayah dengan koordinat 26 KM Barat Daya lepas pantai Bayah, pada Minggu petang sekitar Pukul 17.02 Wib.

Hingga berita ini ditulis, insiden lain paska gempa dan info korban di kawasan Lebak selatan hingga Minggu malam belum ada laporan, namun kerusakan matrial dan kerugian akibat banjir, longsor dan gempa diperkirakan cukup banyak.   *(Uzex).

banner 728x90 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *