Pj Bupati Lebak Membuka Raker Satgas Optimalisasi PAD

Gemasiber80news.com, LEBAK – Dalam rangka mendorong optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lebak, Penjabat Bupati Lebak Iwan Kurniawan mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan stakeholders berkomitmen untuk tertib membayar pajak sebagai upaya dalam mengoptimalkan pendapatan daerah. Hal itu disampaikan Iwan saat membuka secara resmi Rapat Kerja Satuan Gugus Tugas Optimalisasi Pendapatan Daerah sekaligus Pemberian Penghargaan Apresiasi Wajib Pajak Daerah Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lebak di Aula Multatuli Setda Kabupaten Lebak, pada Jum’at (8/12/2023).

Bacaan Lainnya

“Mari kita berkomitmen mari kita mengoptimalkan bersama untuk pendapatan daerah melalui pajak, mari kita bersama-sama mempunyai rasa tanggungjawab terhadap pembangunan Kabupaten Lebak, buktikan ASN taat terhadap pajak dan buktikan bahwa kita memiliki komitmen untuk mengoptimalisasi pendapatan daerah yang tentunya dari, untuk dan oleh masyarakat ataupun jajaran Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan di Kabupaten Lebak,” tegasnya.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan pada saat PAD tertib dan sesuai dengan target tentunya akan memberikan kontribusi yang sangat luas sehingga Pemkab Lebak tidak perlu meminta program-program prioritas kepada Kementerian Lembaga di Pemerintahan Pusat maupun Provinsi akan tetapi dapat memanfaatkan dana PAD untuk membangun Lebak sesuai dengan prioritasnya.

Selain itu, Kepala Bapenda Kabupaten Lebak Dodi Irawan dalam laporannya menjelaskan rasio kemandirian daerah Kabupaten Lebak diangka 16 % yang berarti tergolong rendah, hal inilah yang akhirnya membuat Pemkab Lebak sepakat untuk melakukan pendekatan-pendekatan dalam memastikan kemandirian Lebak menjadi lebih baik dan lebih kuat dalam rangka melakukan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Dalam hal ini ada 5 pendekatan melalui relaxasi pajak, extensifikasi dan intensifikasi, digitalisasi, kolaborasi dan pengendalian, diharapkan pelaksanaan ini menjadi fokus pada area yang khusus dan tematik sehingga setiap tahun kita bisa mengangkat potensi-potensi pajak yang lebih baik di program tematik yang kita dekatkan” ungkap Dodi.

Adapun peserta Raker Satgas Optimalisasi Pendapatan Daerah yakni Kejaksaan Negeri Lebak, Polres Lebak, Inspektorat, Seluruh Perangkat Daerah pengampu retribusi, dan Satpol PP Kabupaten Lebak.    *(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *