PT Cemindo Gemilang Tbk dan DLH Kabupaten Lebak Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos

Gemasiber80news.com, LEBAK – Dalam rangka mengintensifkan upaya pelestarian lingkungan, PT. Cemindo Gemilang Tbk Bayah menjalin kemitraan strategis dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak untuk melaksanakan program pelatihan pembuatan pupuk kompos Jumat, (8/12/2023).

Bacaan Lainnya

Program ini bertujuan memanfaatkan bahan dasar limbah organik dari sampah yang dihasilkan dari area pabrik, dermaga dan tambang. secara efektif dan ramah lingkungan.

Pelatihan tersebut diadakan secara kolaboratif dan ditujukan khusus kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari tiga desa terpilih, yaitu BUMDes Buana Darmasari, BUMDes Pamubulan Maju Bersama dan BUMDes Memikat Bayah Barat. Dengan fokus pada pemanfaatan limbah organik dari pabrik, peserta diajarkan teknik pembuatan pupuk kompos yang ramah lingkungan dan berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kabid DLH Bapak Nana Mulyana dalam sambutannya menyampaikan melalui pelatihan ini diharapkan BUMDes dapat mengolah sampah yang terdapat di lingkungan perusahaan dengan baik. Selain itu peserta pelatihan akan lebih mengetahui manfaat dari sampah dan lebih bijak dalam mengolah sampah, sehingga sampah yang dihasilkan tidak terbuang di TPA.

“Hasil dari pupuk kompos ini tentunya dapat menjadi nilai ekonomi, serta dapat meningkatkan nilai tambah bagi pendapatan BUMDes itu sendiri,” jelas Bapak Nana Mulyana.

Upaya ini merupakan bentuk komitmen PT. Cemindo Gemilang Tbk untuk berkontribusi dalam pengelolaan limbah dan mendukung inisiatif keberlanjutan lingkungan. Kolaborasi dengan DLH Kabupaten Lebak menjadi langkah strategis untuk memperluas dampak positif pada tingkat lokal, menciptakan sinergi antara sektor industri dan pemerintahan daerah.

Sementara itu, Kepala Humas PT. Cemindo Gemilang Tbk H. Adul Kusmono mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan wawasan dan menambah ilmu serta untuk memperkuat kapasitas BUMDes dalam mengelola sampah.

Selain itu, adanya pelatihan ini, diharapkan volume sampah di TPA akan semakin berkurang. Semoga langkah ini akan menjadi langkah awal bagi kita semua agar menjadi manusia yang lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan disekitar.

“Setelah adanya pelatihan pembuatan pupuk kompos ini, Kami berharap, BUMDes dapat menerapkan ilmunya tentang bagaimana pembuatan kompos hingga menjadi pupuk,” pungkasnya.

Ahyudin, peserta pelatihan perwakilan dari BUMDes Pamubulan Maju Bersama mengungkapkan rasa senang adanya pelatihan ini, selain menambah ilmu, pelatihan ini juga memberi manfaat yang besar bagi BUMDes. Dengan adanya pelatihan ini, pengetahuan kami akan bertambah dan nantinya akan dapat memproduksi pupuk kompos dan bisa meningkatkan pendapatan kami.

“Setelah pelatihan ini akan kami peraktekan dan pupuknya nanti akan kami jual sehingga ada keuntungan tambahan bagi BUMDes kami, terima kasih PT. Cemindo Gemilang Tbk, semoga PT. Cemindo Gemilang Tbk terus memberikan manfaat untuk masyarakat dan lingkungan disekitar,” sambungnya. *(Aan/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *