Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemdes Lebak Peundeuy Bangun Infrastruktur JUT

banner 728x90

Gemasiber80news.com, LEBAK – Sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya dibidang pertanian, dibutuhkan sarana penunjang, seperti halnya infrastruktur pertanian yang saat ini diprioritaskan dan sudah dibangun Jalan Usaha Tani (JUT) oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Lebak Peundeuy, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Diketahui, pembangunan sarana dan Prasarana fisik desa tersebut dengan mengunakan anggaran Dana Desa senilai Rp 41.000.000,00,-, untuk pengkerasan jalan sepanjang 280 Meter dan Lebar 1 Meter, berlokasi di Kampung Lebak Pari 3 Desa Lebak Peundeuy, Kecamatan Cihara.

JUT tersebut sudah bisa digunakan oleh masyarakat Desa Lebak Peundeuy khususnya untuk sarana transfortasi mengangkut hasil pertanian.

Kepala Desa Lebak Peundeuy, Jahid, mengatakan, JUT yang sudah dibangun agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai sarana untuk menopang berlangsungnya usaha tani sehingga bisa meningkatkan hasil bumi para petani khususnya di wilayah Kampung Lebak Pari 3, dan umunya di Desa Lebak Peundeuy.

“Saya berharap dengan adanya JUT ini bisa memudahkan para petani untuk mengangkut hasil panen dengan menggunakan kendaraan roda dua, dan mengurangi biaya,” kata Jahid, Selasa (16/8/2022).

Jahid, menuturkan, sebelum adanya JUT, para petani untuk mengangkut hasil bumi sangat sulit karena kondisi jalan yang hanya tanah tanpa adanya pembangunan.

“Petani sangat kesulitan untuk membawa hasil panen karena jalan yang tidak memadai sehingga menghambat untuk pengangkutan hasil bumi. Namun setelah dibangunnya JUT maka para petani pun bisa mudah untuk menembus area perkebunan, ladang dan pesawahan,” tutur Jahid.

Ditempat terpisah, Ekbang Kesra Desa Lebak Peundeuy, Asep Sujana, menjelaskan, sudah direalisasikannya pembangunan JUT oleh Pemerintah Desa Lebak Peundeuy dengan anggaran dari Dana Desa, agar bisa dirasakan manfaatnya oleh para petani.

“Alhamdulillah pembangunan JUT sudah selesai dikerjakan, dan masyarakat perlu tahu bahwa prmbangunan JUT tersebut anggarannya dari Dana Desa senilai 20 % untuk Ketahanan pangan (Katapang). Semoga program yang sudah direalisasikan oleh pemerintah bisa dirasakan warga Masyarakat Desa Lebak Peuundeuy,” paparnya.

Sementara itu, salah seorang petani setempat Nurdin, berterima kasih atas dibangunnya JUT tersebut, karena bisa melancarkan untuk membawa hasil panen dari kebun dan sawahnya.

“Saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada Pemerintah Desa Lebak Peundeuy dan yang lainnya yang telah membangun JUT ini. Sebelumnya jalan untuk menuju sawah dan kebun kami sangat susah untuk dilalui apalagi pada saat musim hujan. Namun dengan dibangunnya JUT, ini mempermudah kami untuk mengangkut hasil bumi dan biaya pun bisa berkurang,” ungkap Nurdin.   *(Uzex).

banner 728x90 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *