PWI Lebak Kehilangan Sosok Dewan Pers Komitmen Dorong SDM Jurnalis

Gemasiber80news.com, LEBAK – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten kehilangan sosok Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra yang memiliki komitmen untuk mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) para jurnalis.

Bacaan Lainnya

“Kita tentu merasa kehilangan sosok Azyumardi yang meninggal di Rumah Sakit Selangor, Malaysia,” kata Ketua PWI Kabupaten Lebak Fahdi Khalid di lebak. Pada Minggu (18/09/2022).

Menurut Fahdi, Pemikiran almarhum Prof. Azyumardi Azra untuk kemajuan Pers di Indonesia cukup luar biasa, diantaranya mendorong peningkatan SDM para jurnalis.

Dengan diharuskan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga kewartawanan dan lembaga keilmuan jurnalistik (komunikasi) sebagai penguji yang diberi hak meliputi asosiasi wartawan, seperti AJI, IJTI, PWI), badan usaha pers (Kompas, Jawa Pos, dan lain-lain).

Dimana SDM  tersebut  mutlak harus dimiliki bagi pewarta, terlebih menghadapi berkembang teknologi digitalisasi, sehingga harus ‘melek teknologi’ untuk menjadi jurnalis profesionalisme.

Para jurnalis juga dituntut untuk cepat menyajikan berita-berita yang menarik, berkualitas, berimbang sesuai kaedah etika jurnalis (KEJ), sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan demikian, Azyumardi Azra kelahiran di daerah Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat pada tanggal 4 Maret 1955 ini, dikenal sebagai cendekiawan muslim dan pernah bekerja menjadi wartawan Panji Masyarakat pada tahun 1979 sampai 1985.

Mantan rektor di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta dan  terpilih menjadi Ketua Dewan Pers dalam susunan kepengurusan periode 2022-2025.

Ketua Dewan Pers meninggal dunia setelah sebelumnya sempat jatuh sakit saat mengunjungi Malaysia pada Jumat sore, 16 September 2022.

“Kami mendo’akan semoga almarhum Prof Azyumardi Azra husnul  khotimah, mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran,” katanya.   *(Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *